Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Logik

Kerusakan hardisk karena bad sector merupakan kerusakan pada komputer  yang biasanya paling sering kita temui. Kerusakan hardisk bad sector  dibagi menjadi 2 yaitu hardisk bad sector fisik dan hardisk bad sector logik. Hardisk bad sector fisik adalah kerusakan  fisik piringan cakram pada hardisk disebabkan karena komputer  atau hardisk terjatuh, terbentur, posisi hardisk miring, komputer mati akibat hilangnya sumberdaya atau semacamnya yang menyebabkan piringan cakram tergores. Sedangkan hardisk bad sector logic adalah kerusakan lunak (soft) atau kerusakan sistem proses penyimpanan data pada bagian sector dalam hardisk yang disebabkan karena tidak dilakukannya maintenance pada hardisk atau ruang untuk menyimpan data hampir tidak ada. Maintenance pada hardisk seperti disk defragment , disk cleanup, scandisk, dan lain-lain.

Kebetulan beberapa waktu yang lalu komputer saya mengalami bad sector. Akibatnya setiap proses pada windows yang saya jalankan menjadi sangat lambat. Seperti saat saya ingin menjalankan aplikasi, masuk kedalam folder ,sampai klik kanan/klik kiri harus membutuhkan waktu proses lebih dari 8 menit bahkan untuk restart dan shutdown pun mungkin butuh waktu lebih dari 45 menit. Kenapa saya tulis mungkin, karena saya langsung menekan tombol power..  setelah sekian lama menunggu dengan setia tapi tidak kunjung mendapatkan jawaban …hehehe #kenaPHPsamaBadSector.

Sebelumnya saya tidak tahu jenis bad sector apa yang diderita oleh hardisk saya. Setelah mendapatkan data-data atau bisa dibilang tips’n trik dari hasil browsing, saya langsung coba satu-persatu. Saya berharap kerusakannya tidak sampai pada kerusakan bad sector fisik. Mengingat riwayat hardisk yang pernah ♫ terjatuh dan tak bisa bangkit lagi ♫.

Berikut ini langkah-langkah yang saya lakukan untuk memperbaiki hardisk bad sector logik.

Cara memperbaiki hardisk bad sector logik adalah:

  1. Jalankan  command prompt lalu ketik chkdsk. (Chkdsk berfungsi untuk memeriksa disk apakah terdapat sector yang kurang baik (bad sector), apakah sistem pengalokasian data pada hardisk berjalan baik)
  2. Tunggu hingga proses  scan selesai (cepat lambatnya proses scan tergantung dari keadaan fisik dan logic dari hardisk)
  3. Setelah proses scan selesai, kemudian lihat apakah terdapat bad sector jika  ya  lanjut ke proses selanjutnya
  4. Pada My Computer klik kanan lalu pilih Manage
  5. Pilih disk management, lalu klik kanan pada direktori yang akan di recovery dan fixing misalnya direktori c:, d: atau e: dan seterusnya (karena kita akan memperbaiki hardisk dari bad sector maka centang 2 pilihan scan/recovery dan klik ok. Disini saya melakukan proses recovery dan fixing pada masing-masing direktori. Pada direktori c: biasanya proses scan dan fixing akan dilakukan pada saat pengguna tidak menggunakan  data-data dari hardisk. Jadi untuk direktori c:, proses scan akan berjalan ketika komputer telah di restart)
  6. Restart komputer
  7. Tunggu hingga proses scan selesai

Apabila langkah-langkah diatas telah dilaksanakan, segera periksa apakah kinerja hardisk anda telah kembali normal atau tidak. Cara ini berhasil membuat hardisk saya kembali normal, yeaah! Semoga membantu

Note : Cara ini digunakan pada sistem operasi Windows 7.

http://teknologi.kompasiana.com/gadget/2013/02/05/apa-itu-bad-sector-physical-bad-sector-logical-pada-harddisk-525962.html

Leave a Reply

