Control Objective for Information and related Technology ( COBIT)

Merupakan sebuah framework yang dibuat oleh ISACA ( Information Systems Audit and Control Association) untuk Information Technology (IT) management dan IT governance. COBIT dirilis pertama kali tahun 1996. COBIT 5 adalah versi terkini yang baru diterbitkan tahun 2012.

COBIT adalah management tools yang memungkinkan untuk menentukan tujuan, mengorganisasikan aktivitas, meningkatkan kualitas produk atau layanan. COBIT 5 membantu enterprise meningkatkan kualitas dari IT dengan memelihara keseimbangan antara manfaat dan mengoptimalkan tingkat resiko dan penggunaan sumberdaya dalam suatu organisasi. COBIT memberikan panduan, kehandalan dan ketepatan.

 Prinsip COBIT 5

COBIT 5 berdasarkan 5 prinsip kunci untuk tata kelola dan managemen dari enterprise IT :

  1. Meeting Stakeholder Needs
  2. Covering the Enterprise End-to-End
  3. Applying a Single, Integrated Framework
  4. Enabling a Holistic Approach
  5. Separating Governance From Management

Addresses 7 Enablers

Kerangka 5 COBIT menjelaskan tujuh kategori enabler:

  • Prinsip, kebijakan dan kerangka kerja adalah kendaraan untuk menerjemahkan perilaku yang diinginkan menjadi panduan praktis untuk day-to-day management.
  • Proses menggambarkan set terorganisir praktek dan kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu dan menghasilkan set output dalam mendukung pencapaian keseluruhan TI-tujuan yang terkait.
  • Struktur organisasi adalah pengambilan keputusan kunci entitas dalam suatu perusahaan.
  • Budaya, etika dan perilaku individu dan perusahaan yang sangat sering diremehkan sebagai faktor keberhasilan dalam kegiatan tata kelola dan manajemen.
  • Informasi diperlukan untuk menjaga organisasi berjalan dengan baik dan teratur, tetapi pada tingkat operasional, informasi seringkali merupakan produk utama dari perusahaan itu sendiri.
  • Layanan, infrastruktur dan aplikasi meliputi infrastruktur, teknologi dan aplikasi yang menyediakan perusahaan dengan pengolahan teknologi informasi dan layanan.
  • Orang, keterampilan dan kompetensi yang diperlukan untuk berhasil menyelesaikan semua kegiatan, dan untuk membuat keputusan yang benar dan mengambil tindakan korektif

Referensi :

http://www.isaca.org/COBIT/Pages/default.aspx

http://www.youtube.com/watch?v=Ei3-1KgjARA

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s