Review Jurnal

1)      Judul, Pengarang, Tahun

Aplikasi Three-Tier Client Server pada Sistem ATM Bank BNI, Syarif Hidayatullah, Ina Agustina, 2009

2)      Tema

Sistem Terdistribusi

3)      Latarbelakang

Fenomena :

Mendukung bisnis BNI memberikan layanan berupa ATM yang tersebar di seluruh Indonesia. Lokasi ATM BNI tercatat sampai dengan akhir tahun 2004 diseluruh Indonesia ada sebanyak kurang lebih 1481 lokasi. Lokasi di kota-kota besar maupun kota kecil. Kualitas layanan yang ditawarkan oleh BNI melalui ATM merefleksikan kinerja, ketersediaan dan kehandalannya. Kualitas ini dipengaruhi oleh sejumlah factor seperti alokasi proses ke proses pada sistem, distribusi sumber daya pada sistem , jaringan dan perangkat keras siste, dan kemampuan dapat diadaptasi dari sistem. Penggunaan teknologi informasi  dan pemanfaatnanya akan sangat berperan dalam menentukan keberhasilan  suatu organisasi atau perusahaan dimasa yang akan dating.

Motivasi Penelitian :

Mengidentifikasi model arsitektur sistem mana yang cocok digunakan untuk meningkatkan kinerja dan layanan perusahaan

4)      Masalah :

Letak geografis Indonesia yang terpisah dan tersebar menyulitkan dalam proses layanan dan kinerja perusahaan. Dan juga resiko dari setiap penggunaan sistem arsitektur ATM pada bank BNI.

5)      Tujuan Penelitian :

Mengembangkan model arsitektur sistem dari BNI

6)      Metodologi Penelitian :

Proses perancangan arsitektural berhubungan dengan penetapan kerangka kerja struktur dasar untuk suatu sistem. Proses ini melibatkan identifikasi komponen-komponen utama sistem dan komunikasi antar komponen-komponen tersebut.

Output proses perancangan arsitektural adalah dokumen desain arsitektural. Dokumen ini terdiri dari sejumlah representasi grafis model sistem bersama dengan teks deskriptif yang berhubungan. Dokumen tersebut harus mendeskripsikan bagaimana sistem distruktur menjadi subsistem dan bagaimana setiap subsistem distruktur menjadi modul. Modul-modul grafis sistem yang berlainan menunjukan sudut pandang arsitektur yang berlainan.

Dari model-model arsitekur perangkat lunak yang terdapat pada sistem ATM dilakukan analisa dan identifikasi.

7)      Hipotesis :

Apakah dalam penggunaan arsitektur pada ATM BNI ini telah dapat memberikan kualitas layanan yang diinginkan ?

8)      Hasil dan Analisis :

Penggunaan arsitektur pada ATM BNI ini telah dapat memberikan kualitas layanan yang diinginkan mulai dari penarikan uang tunai dari rekening taplus dan giro, informasi saldo. Transfer antar rekening kartu, akses kejaringan ATM antar bank, pemberian pulsa isi ulang, membayar tagihan dan lain-lain. Dengan teknologi VSAT dan teknologi perbankan yang digunakan untuk sarana transaksi kiriman uang, transaksi SWIFT dan transaksi point to sale.

9)      Rekomendasi dan Implikasi :

Berkembangnya gaya hidup masyarakat Indonesia dan teknologi informasi menuntut semua serba mudah dan cepat sekaligus tepat.Pengembangan arsitektur sistem pada BNI harus tetap dilakukan agar dapat menyesuaikan kebutuhan dan mempertahankan kepuasan layanan dari seluruh nasabah bank BNI.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s