Implementasi Cloud Computing

Cloud computing merupakan sebuah konsep teknologi masa depan dimana pengguna tidak perlu melakukan instalasi aplikasi pada desktop komputer pengguna itu sendiri melainkan pengguna cukup mengakses aplikasi cloud pada internet dimanapun, kapanpun, dan dengan gadget apapun. Sistem Cloud Computing memungkinkan pengguna untuk dapat menyimpan data-data dalam skala besar dan dapat melakukan komputasi atau manipulasi sumberdaya. Bayangkan jika anda adalah seorang eksekutif di sebuah perusahaan besar. Tanggungjawab anda adalah memastikan karyawan anda mendapatkan hardware dan software yang tepat untuk pekerjaan mereka. Membeli perangkat computer saja tidaklah cukup, anda juga harus membeli software berlisensi atau tidak –untuk memenuhi kebutuhan peralatan-peralatan para karyawan anda. Ketika anda ingin menambah jumlah tenaga kerja, anda juga harus menambah jumlah “mainan” karyawan anda. So stressful, huh?. Contoh lainnya di dunia nyata, ketika anda berbelanja di supermarket dan hendak membayar belanjaan, ternyata dompet anda tertinggal di mobil. Setelah anda turun ke parkiran, ternyata kunci mobil anda hilang. Anda mencoba menghubungi kerabat/saudara anda, dan ternyata handphone anda juga hilang. Dari masalah yang anda hadapi, anda harus membayar biaya untuk dapat menyelesaikan masalah. Dalam dunia computer pasti anda mengenal back-up data. Back-up dapat mengembalikan data yang hilang. Data yang dikembalikan sesuai dengan waktu terakhir update.

Salah satu karakteristik Cloud Computing ialah flesibelitas. Biaya-biaya upgrade dapat ditekan dengan teknologi Cloud.

Beberapa contoh implementasi cloud computing

Elastichost

elastichosts

Elastichost merupakan aplikasi cloud yang memungkin pengguna untuk dapat mengupgrade atau mendowngrade kapasitas sumberdaya tanpa dikenakan biaya penalty. Aplikasi ini dapat di akses di berbagai system operasi seperti Windows, Mac, Linux atau berbagai software lainnya. Elastichost telah mempersiapkan back-up system jika server sewaktu-waktu terjadi kerusakan.

Dropbox

dropbox

Dengan Dropbox, pengguna dapat menyimpan data-data ke internet melalui gadget-gadget seperti computer, laptop, smartphone, tablet dan lain-lain. Anda juga dapat memindahkan data-data anda antar perangkat, misal dari handphone-ke-laptop, handphone-ke-komputer, komputer-ke-tablet dan seterusnya. Jika teman anda juga menggunakan aplikasi Dropbox, anda dapat saling berbagi sumberdaya ke teman anda dengan mudah atau ke kerabat anda yang tidak menggunakan aplikasi Dropbox.

Refensi :

http://www.elastichosts.com/

https://www.dropbox.com/

http://ku2harlis.wordpress.com/cloud-computing-dan-aplikasi-cloud-computing/

http://computer.howstuffworks.com/cloud-computing

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s