Cara memperpanjang STNK Daerah Depok Sukmajaya

Nggak terasa tahun ini waktunya bayar pajak kendaraan bermotor.Kebetulan ini kali pertama ane ngurus perpanjangan STNK motor sendiri. Awalnya ane masih bingung bagaimana caranya perpanjang STNK. (…perpanjangnya bukan yang kaya gini ).

Ane coba cari-cari info dan ternyata gak ribet kok.

Oke langsung aja, apa aja yang dibutuhkan :

1. Siapkan BPKB, STNK ,dan KTP (asli)

2. Siap meluncur ke TKP ( karena ane berdomisili Depok jadi  ane ke kantor samsat Depok sukmajaya tepatnya di  daerah Jl. Merdeka Raya). http://www.streetdirectory.co.id/indonesia/jakarta/travel/travel_id_95784/travel_site_14915/travel_no_/

3. Setelah sampai parkir motor dulu ( Disitu biasanya ada dua tempat parkir : a. Tempat parkir yang disediakan oleh pihak Kantor samsat [tanda : abu-abu]  b. Tempat parkir alternatif yang dijaga oleh  warga setempat dan langsung disambut sama mereka [tanda : orange]) Terserah parkir dimana yang menurut ente meyakinkan.

4. Langsung ke tempat fotokopi yang letaknya di sebelah kiri atas [tanda : coklat]. Just recommended, fotokopi BPKB, STNK, dan KTP nya disitu aja. Kenapa ? soalnya disana kita gak perlu pusing-pusing nyusun susunan fotokopiannya, udah disusun sedimikian rupa oleh penjaga fotokopinya dan udah dikasih map juga. (Tapi kalo emang udah tau susunannya, susun sendiri juga gak apa-apa). Disana Cuma dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000,00-.

5. Setelah selesai fotokopi, langsung pergi ke meja informasi  [tanda : merah] letaknya di depan kantor utama samsat [tanda : abu-abu] untuk ambil dan isi formulir untuk mendapatkan nomor antrian.

6. Serahkan kembali ke bagian informasi, nanti ente di kasih dua kupon nomor. Satu di tempel di map, satu lagi ente pegang buat nanti pada proses pembayaran. Disini akan di dilakukan pengecekan berkas-berkas yang udah difotokopi tadi oleh petugas.

7. Langsung masuk ke dalam kantor utama dan taruh map di loket 4(perpanjangan pajak motor). Dan tunggu nama ente dipanggil untuk melakukan pembayaran. Disana ada beberapa loket :

a. loksus (loket khusus)

b. loket 2(bbn 1,pendaftaran baru)

c. Loket 4 (perpanjangan pajak motor)

d. Loket 5 (perpanjangan pajak mobil)

e. Loket Kasir Mobil, Loket Kasir motor

f. Loket Penpembayaran

g. loket penyerahan STNK

Masih belum dipanggil ? sabar aja atau  jajan-jajan dulu ke kantin sebelah . Dan ini ada banner yang ane lihat di kaca loket.

Standar waktu pelayanan STNK

1. kendaraan baru 6 jam

2. Balik nama 5 jam

3. Rubah bentuk 5 jam

4.Ganti warna 5 jam

5. Ganti nopol 5 jam

6. Perpanjangan 80 menit

7. Pengesahan 80 menit

8. Cek Fisik 40 menit

9. Mutasi ke Luar Daerah 5 jam

Ente disitu jangan lengah. Soalnya nama ente gak akan di panggil 2 kali. (nggak kok bercanda, kalo di rasa nama ente udah dipanggil tapi nggak yakin itu nama ente ato bukan [..!?] coba tanya ke loket pembayaran atau di tunggu lagi biasanya ada pemanggilan ulang tapi agak lama)

8. Kalo nama ente dipanggil, langsung bergegas ke loket pembayaran. Untuk hitung-hitungan berapa yang harus ente bayar coba mampir kesini http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=12894156. Disitu ente akan di kasih struk pembayaran yang nanti digunakan untuk pengambilan STNK di loket penyerahan STNK. (oke kita tunggu lagi. Sambil nunggu-nunggu biar gak bosen kita nonton tv aja dulu, yang siarannya nampilin nomor-nomor plat kendaraan yang nanti siap diambil)

9. Setelah nama ente dipanggil, berikan struk pembayaran tadi ke loket penyerahan STNK.

10. STNK hangat beserta KTP siap di bawa pulang

For your info

Pelaksanaan :

Senin – kamis (08.00-14.00)

Jumat (08.00-14.00)

Sabtu (08.00-11.00)

Note : prosedur ini berlaku hanya di Samsat Depok Sukmajaya jl. Merdeka Raya saja. Perubahan sewaktu-waktu bisa terjadi. Jika terdapat perubahan prosedur harap tanyakan petugas

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s