listrik statis VS gelang anti statis

Setelah di telisik demi telisik mengenai apa itu gelang anti statis , menurut pandangan saya (orang awam) bahwa gelang anti statis berguna untuk menyalurkan listrik statis yang mengendap di seluruh bagian tubuh kita , khususnya tangan. Gelang anti statis masih menimbulkan banyak pertanyaan di dalam kalangan awam. Seberapa efektifkah gelang anti statis itu ? Saya pernah membaca suatu artikel yang didalamnya membahas tentang bahaya listrik statis terhadap komponen-komponen elektronik. Dan juga pernah membaca bahwa gelang anti statis berguna untuk melindungi para pekerja/teknisi yang secara langsung berhubungan dengan komponen dan benda yang dapat menghantarkan listrik. Gelang atau benda anti statis tidak hanya dipakai dipergelangan tangan , adapun yang dipakai di bawah alas sepatu , karpet , kantung atau tas.

Saya pernah melihat tukang service komputer dan service perangkat elektronik lainnya ,melepas dan memasang komponen tanpa menggunakan gelang anti statis. Mungkin sang teknisi hanya menempelkan tangannya ke badan casing komputer atau benda logam lainnya untuk menghilangkan listrik dari tubuh mereka ,seperti apa yang dianjurkan oleh buku panduan dalam memasang komponen komputer kebanyakan. Pertanyaan berikutnya seberapa besarkah efek atau dampak dari listrik statis itu terhadap komponen komputer ? Listrik statis tidak mengakibatkan kerusakan secara langsung ke komponen ,namun tergantung seberapa sering kita menyentuh komponen tersebut dan seberapa besar listrik statis yang terdapat di tangan kita.

Bahaya listrik statis tidak hanya kepada komponen-komponen elektronik , tetapi juga dapat memantik bensin. Seperti di dalam video ini , disini atau disini.

Tapi sepertinya para petugas pengisian bahan bakar juga tidak menggunakan gelang antistatis itu. Lalu apa yang menyebabkan listrik statis menempel di tubuh kita ? Sewaktu kita belajar di SD ,mungkin kita pernah belajar tentang listrik statis dengan menggunakan penggaris plastik dan potongan kertas atau rambut dengan cara menggosok-gosokan penggaris ke kain atau himpitan buku lalu mendekatkannya pada kertas atau rambut , dan kertas dan rambut pun menghampiri penggaris plastik. Prinsip kerja dari percobaan itu dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari , seperti saat berjalan di atas karpet, gesekan antara baju yang berbahan katun ,sehabis memegang handphone ,duduk di sofa , permukaan layar televisi CRT ,plastik sampul buku untuk jilid ,dan lain-lain.

Berikut ini cara penanganan listrik statis disini ,   disini  

Semoga tulisan dan video ini bermanfaat. Mohon maaf bila terdapat kesalahan . Mohon kritik dan saran guna melengkapi kekurangannya. Terima kasih

referensi :

http://www.esdsystems.com/

http://www.wikipedia.com

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s