Sains Dalam Olahraga

What ? mungkin beberapa orang sedikit bingung atau mungkin kaget kalau ternyata olahraga mengandung unsur-unsur ilmu pengetahuan .Terlihat sepele memang ,misalnya berjalan kaki. Contoh lain kita bisa melihat ,setiap latihan kemampuan yang disertai ilmu pengetahuan ,seperti  coaching step menjadi titik awal kemajuan para atlet .Tapi kenapa harus dengan ilmu pengetahuan olahraga dilakukan ? itu karena, olahraga adalah ilmu pengetahuan. Karena ilmu fisika, kimia, dan biologi ,berhubungan langsung dengan olahraga, meskipun masih banyak yang tersembunyi seperti ilmu psikologi, fisiologi , matematika ,dan lain-lain.

Ilmu pengetahuan olahraga adalah beberap hukum prinsip ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan olahraga.

Cara menentukan berat badan yang ideal

( Tinggi badan – 100 ) x 0,9

Lebih 10%   = kelebihan

Lebih 20%   = gemuk

Lebih 100% dari ukuran 45 kg

Lebih            = terlalu gemuk

*Tinggi dan berat badan yang tidak seimbang bisa dikatakan tidak sehat

Bagaimana tubuh membesar ?

Tinggi dan besar badan dipengaruhi oleh ukuran tulang. Setiap orang punya ukuran tulang yang berbeda-beda sesuai yang ditumbuhkan oleh bagian pertumbuhan tulangnya. Orang dewasa tulangnya tidak tumbuh lagi ,yaitu pada usia 28 tahun , wanita pada usia 24 tahun.

Olahraga yang baik untuk pertumbuhan

Seperti lari , berenang , skipping ,dan lain-lain { menggerakkan semua otot tubuh membantu merangsang pertumbuhan tubuh }

Olahraga yang kurang baik untuk pertumbuhan

Seperti olahraga angkat berat  dan lain-lain { olahraga yang menekan otot dan tulang tertentu , harus diimbangi dengan asupan gizi yang cukup }

Ada lima prinsip dasar olahraga menurut sains

  1. Beberapa kebiasaan / rutinitas

Beberapa fungsi organ pada tubuh kita akan berkembang sesuai dengan rutinitas yang dilakukan. Meskipun melakukan kegiatan tapi hanya kadang-kadang , pengaruhnya hanya sedikit.

  1. Prinsip bertahap

Kalau tiba-tiba melakukan olahraga yang keras maka tubuh tidak bisa menahan dan menjadi kelelahan. Tetapi jika dari yang ringan maka secara bertahap kekuatan akan meningkat.

  1. Prinsip kontinuitas

Kalau hanya sekali saja melakukan olahraga ,dampaknya tidak ada, hanya membuat badan sakit.

  1. Prinsip individual

Kemampuan tubuh setiap orang berbeda maka olahraganya pun disesuaikan.

  1. Prinsip kekhasan

Setiap olahraga mempunyai efek yang berbeda, perlu disesuaikan jenis olahraganya.

Efek dari olahraga yang diperoleh tubuh kita

Kepala

Pikiran jernih , tidak murung

Jantung

Sirkulasi jadi bagus ,tidak sakit jantung

Paru-paru

Daya serap oksigen meningkat, paru-paru bebas penyakit

Pinggang

Menguatkan otot sekitar pinggang untuk menghindari kegemukan

Otot-otot

Membuat tenaga lebih kuat

Fungsi imunitas / kekebalan tubuh

Membuat organ dalam memproduksi hormone dengan baik sehingga tidak mudah sakit

Usus besar

Membuat pencernaan lebih baik

Tulang

Tingkat kepadatan tulang akan bertambah sehingga tulang menjadi kuat dan terhindar dari keropos

 

Asam laktat  = zat yang menghambat aliran darah pada otot, hasil berolahraga berat.

Glikogen  = zat yang menyimpan cadangan energy pada sel yang dibentuk dari glukosa.

referensi :  komik Milo Nestle, Sport Science ,Sains Dalam Olahraga volume 1

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s