Teori Organisasi Umum

Teori Organisasi Umum 1

Kasus

PENGEMBANGAN YANG DIPROGRAMKAN ?

Pertanyaan kasus :

1. Dapatkah Wibowo menghindari masalah yang berkaitan dengan usulannya ? Bagaimana ?

Jawab : Masalah yang dihadapi Wibowo tentang penolakan usulannya dapat dihindari dengan pengambilan inisiatif membantu individu-individu yang dikenai perubahan untuk mengembangkan pemahaman diri tentang kebutuhan perubahan ,dan mengetahui bagaimana perasaan mereka . Program-program bimbingan , pemberian waktu setelah periode sulit , penawaran dukungan emosional dan pengertian akan membantu penanganan penolakan.

2. Bagaimana seharusnya wakil direktur teknis menangani usulan Wibowo ?

Jawab : Seharusnya wakil direktur teknis tersebut lebih meyakinkan para komite manajemen eksekutif  bahwa usulan yang disarankan Wibowo adalah “masuk akal” dan baik . Sehingga program yang telah ditetapkan sebelumnya dapat berjalan lebih ekonomis dan efisien . Kemudian wakil direktur tersebut  seharusnya juga menyadarkan para komite manajemen eksekutif  agar dapat bersikap lebih bijaksana dan “matang” dalam memberikan pernyataan dan pengambilan keputusan .

3. Apa pendapat saudara tentang saran Wakil Direktur bahwa Wibowo seharusnya dipindahkan ke divisi lain ?

Jawab : Saya rasa keputusan Wakil Direktur terhadap Wibowo sedikit berlebihan . Walaupun dari sisi Wakil Direktur pribadi hal tersebut adalah tepat . Bagaimana pun juga pernyataan para komite tersebut sangat tidak relevan . Dan , tanpa bermaksud untuk membela Wibowo , Wakil Direktur Teknis seharusnya juga memberikan alternatif lain terhadap pemindahan Wibowo ke divisi lain .

4. Apa pendapat saudara tentang apa yang harus dilakukan Wibowo sekarang ?

Jawab : Bersabar , tidak perlu berkecil hati karena pemindahan tersebut . Jangan berhenti berkarya dengan apa yang akan bermanfaat nantinya . Mungkin akibat pemindahannya tersebut , divisi yang ia tangani saat ini dapat berjalan lebih baik dan lebih berhasil ketimbang divisi sebelumnya .

 

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s